Chitoge & Onodera. #TeamOnodera

Apa itu waifu? Waifu adalah salah satu istilah yang paling sering kita dengar dari kalangan pengemar Anime. Selain itu, waifu juga termasuk salah satu istilah di komunitas film Anime, yang sering ditanyakan oleh orang yang bukan pengemar Anime.

Yuuki Asuna, Waifu Sejuta Umat

Pengertian Waifu

Apa Itu Waifu? Waifu adalah salah satu istilah terpopuler di kalangan pengemar Anime, khususnya yang laki-laki. Dimana, istilah ini merujuk kepada karakter Anime wanita yang dijadikan sebagai idola mereka.

Waifu adalah istilah slang Jepang, yang diserap ke dalam bahasa Jepang dari kata bahasa Inggris ” Wife “ yang artinya adalah istri. Hal ini bermula dari kata bahasa Inggris ” wife “ yang jika diucapkan oleh orang Jepang akan terdengar seperti ” waifu “.

Istilah waifu sendiri berasal dari sebuah adegan Azumanga Daioh yaitu sebuah anime yang tayang bulan April-September 2002, dimana tokoh utama anime itu, Kimura, yang seorang guru menjatuhkan sebuah foto wanita misterius di lantai kelas. Saat dimintai konfirmasi oleh para muridnya mengenai siapa jati diri wanita di foto tersebut, Pak Guru Kimura menjawabnya dengan santai “Mai Waifu”. Semenjak itulah istilah itu booming dipakai oleh para Otaku. Padahal seperti yang kita ketahui bersama, pelafalan bahasa Inggris versi Jepang selalu tidak sesuai kaidah. Namun tetap saja istilah kata itu dipakai hingga sekarang.

Sampai disini kamu mungkin sudah ” sedikit “ tahu apa itu waifu? Dimana, istilah ” waifu “ ini bisa diartikan sebagai karakter Anime wanita favorit. Istilah ini banyak digunakan oleh pengemar Anime laki-laki untuk mengakui karakter Anime wanita idolanya.

Chitoge & Onodera. #TeamOnodera :v

Dan karakter Anime wanita idolanya tersebut kemudian diakuinya sebagai pacar atau istrinya sendiri. Biasanya, karakter Anime yang dijadikan waifu adalah karakter Anime wanita yang memiliki paras cantik.

Desain karakter gambar pada anime, game atau video game juga menjadi hal utama yang membuat para Otaku menyukai waifu mereka. Sebagian besar mereka memilih suatu karakter sebagai waifu-nya karena menyukai desain karakter tersebut. Biasanya sih kaum lelaki melihat kearah fisik pada bagian tertentu yang menonjol seperti rambut, mata, hingga body karakternya yang aduhai. Memang sih memilih waifu dengan desain yang enak dipandang tentu menjadi keindahan tersendiri. Dengan demikian, mengumpulkan pernak-pernik yang berhubungan dengan karakter tersebut pun menjadi lebih menyenangkan.

raburaibu! sanshain!!

Fenomena Waifu

Kini, muncul fenomena tentang waifu dikalangan pengemar Anime, dimana ada beberapa pengemar Anime yang rela mengabdikan dirinya kepada waifu-nya, dengan cara membaca Manga, menonton film Anime, dan memainkan game-nya, dimana karakter waifu itu muncul.

Dalam tingkat tertentu, layaknya istri sungguhan, para Otaku banyak yang mengabdikan diri mereka untuk sang waifu. Pengabdian tersebut dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada yang mulai sekedar membaca, menonton, memainkan manga/anime/video game kesuakaannya di mana karakter waifu tersebut muncul dan ada yang mengoleksi pernak-pernik karakter itu mulai dari poster, figure, dakimakura, dll. Namun ada juga yang masuk ke tingkat ekstrem yakni mereka melakukan hal-hal yang bisa dibilang “mengerikan” kepada waifu mereka yang lebih baik tidak dijelaskan di sini. (IYKWIM)

Lebih parahnya lagi, ada beberapa pengemar Anime yang hanya tertarik dengan karakter waifu-nya tersebut, dan tidak tertarik lagi dengan manusia asli. Mereka inilah yang disebut dengan nama ” Nijikon “.

Bahkan, ada beberapa ” Nijikon “ tersebut, yang sampai menikah dengan karakter Anime idolanya tersebut, dan tidak menikah di dunia nyata.

So Apakah kamu sudah paham mengenai apa itu waifu?

Jangan biarkan waifu itu membuat kamu terlalu terobsesi dan membuat kamu jauh dari kenyataan.

Jadikan dia sebagai hiburan kamu semata dan keep love your waifu!