Bounenkai, Pesta Akhir Tahun Di Jepang


2020-12-22T00:00:00.000Z
Bounenkai, Pesta Akhir Tahun Di Jepang
Penulis : Febr1chiban
Kategori : Informatif

Bounenkai adalah pesta yang diadakan di akhir tahun. Ini merupakan acara tahunan yang sangat lumrah di Jepang. Secara literal, bounenkai (忘年会) berarti “pertemuan untuk melupakan tahun”. Maksudnya, bounenkai adalah acara berkumpul bersama rekan kerja atau teman untuk melupakan masalah-masalah dan kenangan buruk yang terjadi pada tahun itu serta berharap banyak hal baik terjadi di tahun yang akan datang. Meskipun disebut dengan pesta akhir tahun, bounenkai tidak diadakan tepat pada tanggal 31 Desember atau malam tahun baru. Orang Jepang lebih memilih berada di rumah pada malam tahun baru untuk bersantai bersama anggota keluarga. Bounenkai diadakan mulai dari pertengahan bulan Desember, biasanya pada akhir pekan (malam Sabtu atau malam Minggu).

Bounenkai adalah pesta makan dan minum yang dilakukan bersama rekan kerja, anggota organisasi atau ekstrakulikuler, teman kuliah ataupun kekasih. Saat berlangsungnya bounenkai, biasanya juga ada berbagai permainan yang bisa dilakukan bersama seperti permainan bingo. Orang Jepang banyak yang memilih mengadakan bounenkai di Izakaya. Izakaya merupakan tempat makan dengan nuansa khas Jepang yang menyediakan alkohol dan makanan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Makanan yang disajikan dalam acara bounenkai adalah masakan khas Jepang seperti edamame, sushi, sashimi, yakitori dan karaage. Yang paling sering disajikan adalah nabe. Untuk minuman, yang paling laris adalah minuman beralkohol seperti sake, whiskey dan sejenisnya. Selain itu, banyak Izakaya yang juga menyediakan ruangan khusus untuk yang ingin mengadakan bounenkai. Inilah yang menyebabkan seluruh Izakaya di Jepang ramai dan sibuk pada bulan Desember.

Itulah penjelasan tentang bounenkai. Orang Jepang tidak bisa untuk tidak mengadakan bounenkai saat menjelang akhir tahun. Kalau kalian, apa yang dilakukan saat menjelang akhir tahun?